06 Oktober 2008

Hidup Butuh Keteraturan

Percayalah bahwa Anda akan berhasil! Akan tetapi, keberhasilan adalah buah dari upaya sadar, diiringi pengalaman masa lalu dan dimensi masa depan. Ketahuilah, bahwa tidak ada alternatif lain kecuali Anda memilih manajemen diri, sebab jika tidak yang Anda dapatkan adalah kekacauan, sporadis, spontanitas, dan kehilangan tujuan serta jalan sekaligus.
Keteraturan. Ya, itulah keyword untuk mencapai keberhasilan ini. karena keteraturan adalah dasar bagi setiap kerja yang berhasil. Sesungguhnya, ia merupakan potensi besar kita yang bisa saja sirna dan sia-sia tanpa adanya penataan. Tetapi di sisi lain, kekuatan kecil yang tertata akan sanggup mewujudkan berbagai keajaiban. Tanpa keteraturan, upaya kita akan berantakan, langkah kita akan terasa berat, dan perjalanan kita terasa tanpa panduan yang jelas. Oleh karena itu, setiap orang dari kita hendaknya menjadikan kejelian dan keteraturan sebagai modal utamanya, sehingga tidak mengayunkan kedua kakinya melainkan ia telah mengatur dan merancang langkah-langkahnya.
Jangan mengharapkan kberhaslan yang pada awalnya Anda merasa puas dgan kberhaslan tersebut, tetapi setelah itu Anda memahami bahwa hal itu membutuhkan upaya ulang! Jika Anda tdak berhasil, maka jangan sampai Anda mengganggap benar kesalahan-kesalahan Anda. Namun demikian, sempurnakanlah kekuatan Anda dan kokohkanlah semangat Anda! Mulailah dari awal lagi. Percayalah bahwa keberhasilan kali ini pasti akan Anda capai dan segalanya akan menjadi lebih baik atas izin Allah. Begitulah Muhammad Ahmad Abdul Jawwad mengawali pemaparannya sebelum bercerita tentang pentingnya Anda menjadikan kedisiplinan sebagai kebiasaan rutin untuk menuju sukses dalam menggapai masa depannya.
Buku yang judul aslinya Kaifa tunadzdzimu syu’unaka wa syu’unal akharin ini, pertama-tama menjelaskan bagaimana Anda menata urusan pribadi dari pengarsipan, janji-janji dan komitmen yang telah ditetapkan, serta menyusun agenda kegiatan, mengatur waktu, dan pertemuan-pertemuan serta ada sembilan belas nasihat demi tercapainya manajemen waktu yang sukses. Selanjutnya dipaparkan pula bagaimana Anda menata urusan kerja dan bagaimana Anda bisa meninggalkan kantor atau tempat kerja dalam keadaan rapi dan teratur. Tidak lupa pula penulis memberikan refleksi dan perenungan seputar perbendaharaan pengetahuan dan wawasan. Di dalam refleksi ini, memaparkan pandangan integral untuk menata buku-buku Anda, koleksi kaset, dan lain–lain.
Selain membahas tentang menata diri Anda sendiri buku ini menjelaskan pula bagaimana Anda menata urusan anak-anak Anda, Stephen R. Covey, mengatakan bahwa ”Tidak ada seorang pun yang mampu menjadi bapak bagi anak-anak Anda yang lebih mumpuni dari diri Anda sendiri.” Menata urusan anak dari aspek adminstratif yang meliputi arsip kesehatan dan catatan perkembangan anak, arsip pendidikan anak, berkas-berkas khusus bagi si kecil, perpustakaan si kecil, keterampilan dan hobi si kecil. Lalu menata aspek infrastruktur untuk anak-anak kita belajar sampai pada bagaimana membangun kebiasaan disiplin bagi anak-anak kita.
Buat para calon ibu dan para ibu, saya rekomendasikan buku ini pantas di konsumsi, sebab pada Bab III mengupas tentang bagaimana Anda (seorang istri) menata urusan rumah tangga mulai dari menata ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, ruang keluarga, ruang anak–anak, dapur. Disampaikan pula hal-hal umum yang patut diperhatikn dari ruang–ruangan tersebut dan di buku ini disampaikan juga bagaimana mengatur keuangan rumah tangga, sehingga rumah tangga akan menjadi lembah nan damai yang menjadi sumber ketentraman bagi para anggota dan penghuninya. Seperti yang difirmankan Allah SWT: ”Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal yang damai” (Q.S. An-Nahl, 16: 80). Kedamaian tidak akan pernah lahir kecuali dalam suasana yang tenang dan teratur.
Dengan penataan, kita dapat mengefisienkan waktu dan tenaga, serta menimbulkan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan secara sempurna dan cepat. Pada Bab-bab akhir buku ini menyajikan program pelatihan komprehensif yang dapat diaplikasikan untuk melakukan terapi problematika penataan diri bagi anda, anak-anak anda, maupun kelompok kerja Anda.

Judul : Mengelola Kehidupan Pribadi Secara Efektif
Penulis : M. Ahmad Abdul Jawwad
Cetakan : Kedua
Tahun terbit : 2005
Tebal : 82 hlm
ISBN : 979-3529-87-3

Tidak ada komentar: